Beberapa bulan yang lalu saya mencoba mendalami sebuah Aplikasi Argumented Reality yang dikeluarkan oleh facebook dengan nama Spark AR. Pada saat software itu baru masih hangat-hangatnya saya pun mencobanya tanpa melihat terlebih dahulu panduan ataupun manual yang menjelaskan cara kerjanya.

Uji coba saya tersebut bertujuan untuk menguji sejauh mana saya bisa memahami user interface yang dibuat oleh Spark AR. Al hasil saya pun bisa menggunakan beberapa bagian namun tidak semua bagian dapat saya jangkau dengan mudah.

Karena keterbatasan tersebut saya pun mulai menggali dokumentasi demi dokumentasi yang ada dan mempublikasi beberapa hasil yang saya buat dengan ide yang sangat-sangat sederhana.

Setelah enam bulan berlalu saya pun mendapatkan hasil seperti berikut:

statistik

Hal ini membuat saya heran dan bertanya “Kok bisa?”. Saya tidak tahu pasti apa yang membuat perempuan di negara tersebut begitu tertarik dengan apa yang saya buat tersebut. Namun setelah saya ulang kaji menelusuri satu persatu prilaku penggunanya saya baru menyadari bahwa yang terjadi adalah mereka membuatnya menjadi sebuah aktualisasi diri.

Padahal pada awal saya membuatnya sama sekali tidak berfikir sampai kesana dan saya hanya membuatnya sesuai dengan gaya pribadi saya yang sedikit pemalu.

Sesuatu yang sangat sederhana tersebut pun menjadi topik di beberapa postingan root ataupun media independent yang akhirnya membuat banyak orang untuk mencobanya. Beberapa dari mereka mengirim pesan bahwa ada beberapa perangkat yang tidak mendukung dengan filter tersebut.

Apa yang membuat mereka bisa menjangkau?

Setelah saya pikirkan, hal yang membuat mereka mudah menjangkau adalah “BAHASA” dan itu adalah salah satu alat yang paling muktahir dalam mempromosikan sesuatu. Tapi tidak semua orang menggunakan bahasa yang sama maka dari itu karena bahasa yang saya gunakan adalah bahasa global dan hal itu membuat orang-orang di wilayah tertentu memahami maksud dari apa yang telah saya buat tersebut.

Kejadian ini sama halnya terjadi pada akun pinterest saya yang tiba-tiba growth up hanya karena “BAHASA” yang saya gunakan dimengerti oleh mereka.